Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Komosi Pemilihan Umum Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu menunda jadwal pelaksanaan  pemilihan wali kota Bengkulu putra kedua dari semula tanggal 19 menjadi 22 Desember 2012.

Penundaan pelaksanaan pilwakot Bengkulu itu dilakukan karena jarak antara pencairan dana dan pengadaan logistik terlalu singkat, kata Ketua KPu Kota Bengkulu Salahudin Yahya di hubungi, Rabu. "Bisa saja penundaan itu dilakukan hingga akhir Desember 2012, namun mengingat ada beberapa peringatan hari besar nasional seperti hari Natal dan tahun baru 2013, maka disepakati 22 Desember 2012," ujarnya.

Pihaknya juga memperhitungkan angkutan logistik Pemilukada dari Jakarta pada musim penghujan sekarang ini akan terlambat, mulai dari penyebrangan Bakuheni, Lampung hingga ke kota Bengkulu.Pangdaan logistik itu, kata dia, harus tiba di Bengkulu sepuluh hari sebelum pencoblosan karena memakan waktu untuk disampikan ke tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu persiapan pembutan TPS dan sebagainya juga memerlukan waktu, meskipun bisa pengerjaan bisa dikebut hingga hari pelaksanaan, ujarnya.

Divisi Hukum KPu Kota Bengkulu Isfal Andri mengatakan, dengan penundan waktu pencoblosan itu, otomatis semua tahapan Pilwakot juga diundur. Mulai dari kampanye hingga masa tenang membutuhkan waktu tiga hari, ujarnya.Pilwakot Bengkulu putaran kedua akan diikuti dua pasang, yakni pasangan Helmi Hasan-Patriana Sosialinda dan Ahmad Kanedi-Dani Hamdani. Kedua pangan ini pada pilkada putaran pertama mendapat suara pertama dan kedua terbanyak dari delapan pasang lainya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012