Habitat Rafflesia arnoldii di kawasan hutan lindung Bukit Daun Kabupaten Bengkulu Tengah dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga yang langka yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu itu.

“Sudah tiga hari ini pengunjung ramai menyaksikan bunga Rafflesia yang mekar di Tebing Sekotong,” kata Ibnu, warga Desa Tanjung Heran yang memandu para pengunjung Rafflesia arnoldii, Senin.

Ia mengatakan sebagian besar pengunjung merupakan tamu pemerintah daerah yang sedang mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) di kawasan pusat olah raga Pantai Panjang yang berlangsung 21-25 September 2019.

Para pengunjung antara lain berasal dari Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat dan Jakarta.

Pengunjung asal Lampung, Rudi mengatakan baru pertama kali menyaksikan bunga langka Rafflesia arnoldii di habitatnya.

“Kami mendengar banyak orang bilang tidak sah ke Bengkulu kalau belum melihat bunga rafflesia,” kata Rudi.

Lokasi bunga mekar yang berjarak hampir 200 meter dari tepi jalan utama Kota Bengkulu-Kepahiang dengan medan curam tidak menghalangi pengunjung untuk dapat menikmati keunikan bunga tersebut.

Andi asal Jakarta mengatakan keunikan bunga Rafflesia arnoldii menjadi daya tarik sendiri untuk menarik wisatawan ke Bengkulu.

“Semoga bunga ini tetap dijaga dari ancaman kerusakan hutan sehingga tanaman ini terus dapat dinikmati pengunjung,” katanya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019