Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memberikan bantuan insektisida dan fungsida untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung milik Kelompok Tani Ulu Sungai Duo, Desa Suka Pindah.

“Hari ini juga kami memberikan bantuan insektisida sebanyak dua liter dan fungisida dua liter untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung milik kepada kelompok tani,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Selasa.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan itu setelah menerima proposal bantuan insektisida dan fungsida untuk mengatasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung dari Kelompok Tani Ulu Sungai Duo Desa Suka Pindah, Kecamatan Lubuk Pinang.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani itu, sesuai dengan kebutuhan atau seluas lahan tanaman jagung yang diserang hama dan penyakit.

Selanjutnya, kelompok tani itu secara swadaya menggunakan bantuan insektisida dan fungisida untuk mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung.

Ketua Kelompok Tani Ulu Sungai Duo Desa Suka Pindah Masdiyanto dalam keterangannya menyebutkan sekitar dua hektare tanaman jagung milik anggota kelompok tani itu diserang hama dan penyakit, serta seluas lima hektare tanaman jagung terancam terserang hama dan penyakit.

Untuk itu, pihaknya mengajukan bantuan insektisida dan fungsida kepada instansi terkait guna mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung milik kelompok tani itu.

Ia mengatakan kelompok tani itu sebelumnya telah melakukan pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung semampunya, namun belum mengurangi secara signifikan hama dan penyakit tersebut.

Ia berharap, dinas terkait memberikan bantuan insektisida dan fungsida yang dibutuhkan kelompok tani itu untuk mengurangi dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019