Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan baru sebagian dari 9.217 keluarga warga miskin di daerah ini yang menerima manfaat bantuan pangan non tunai (BPNT) yang telah menerima bantuan ini pada tahap pertama tahun 2019.

“BPNT tahap pertama sudah diberikan dan diutamakan bantuan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) yakni sebanyak 4.670 KPM,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak 9.217 keluarga penerima menerima (KPM) BPNT dari pemerintah pusat. Ribuan KPM BPNT ini terdiri dari sebanyak 4.670 keluarga yang sebelumnya menerima PKH dan sisanya penerima BPNT murni yakni keluarga miskin yang sebelumnya menerima bantuan beras sejahtera (Ranstra).

Dari sebanyak 9.217 KPM BPNT di daerah ini, katanya, sebanyak 4.670 KPM di antaranya yang telah menerima penyaluran dana BPNT tahap pertama pada tanggal 13 September 2019.

“KPM PKH ini lebih dahulu menerima BPNT tahap pertama dari pemerintah pusat karena persyaratannya lengkap salah satunya keluarga ini sudah memiliki buku rekening bank. Sedangkan KPM ranstra masih banyak yang belum memiliki buku rekening,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengatakan, sebagian KPM yang belum menerima BPNT tahap pertama masih melengkapi persyaratan seperti salah satunya membuka buku rekening bank di daerah ini.

Ia mengatakan, bagi KPM yang belum menerima penyaluran BPNT tahap pertama bulan September 2019 akan menerima penyaluran BPNT sekaligus yakni tahap pertama dan kedua bulan ini.

Ia mengatakan, rencananya KPM yang sebelumnya telah menerima penyaluran BPNT tahap pertama akan menerima penyaluran BPNT tahap kedua serentak dengan KPM yang belum menerima BPNT.

Ia mengatakan, setiap KPM di daerah ini akan menerima BPNT sebesar Rp110 ribu per bulan. Dana ini untuk membeli dua jenis bahan pokok yakni beras dan telur.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019