Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan di 56 desa di daerah itu.

Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa DPMD Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak ini rencananya akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang.

"Saat ini kita sudah mengajukan SK penetapan jadwal pelaksanaannya ke Bupati Rejang Lebong melalui bagian hukum," kata dia.

Jika nantinya SK penetapan jadwal ini sudah turun tambah dia, maka pihaknya akan segera melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkades serta melakukan pembentukan tim pemilihan di tingkat desa.

Pada pelaksanaan Pilkades serentak tahap ketiga di Rejang Lebong itu sendiri nantinya para calon kepala desa (cakades) yang akan bertarung di masing-masing desa akan melakukan deklarsi damai, untuk siap kalah, siap menang.

Sementara itu, dari 56 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun depan kata Bobby, masa jabatannya berakhir terhitung sejak 27 Agustus sampai 31 Desember sebanyak 54 desa, dan pada 2020 terdapat dua desa.

Untuk jabatan kepala desa yang telah habis ini selanjutnya dilakukan penunjukan penjabat kepala desa yang ditunjuk dari ASN di kantor camat masing-masing atau ASN yang berdomisili di kecamatan setempat.

Adapun 56 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2020 nantinya antara lain dalam Kecamatan Curup Utara empat desa, tiga desa di Curup Timur. Curup Selatan empat desa, satu desa di Curup Tengah.

Selanjutnya dalam Kecamatan Sindang Kelingi empat desa, Sindang Dataran satu desa. Kota Padang lima desa, Kecamatan Sindang Beliti Ilir ada lima desa.

Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang tiga desa, Sindang Beliti Ulu lima desa serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019