Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu menyebutkan tinggi gelombang laut barat Bengkulu 12 jam ke depan diperkirakan tiga meter, sebelumnya 3,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga terjadi di perairan Enggano dan perairan Bengkulu," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Selasa. Ia mengatakan dalam peringatan dini BMKG akan terjadi gelombang tinggi 3,5 meter, terutama terjadi di perairan Samudera Hindia Barat Daya Enggano.

Angin di perairan Bengkulu beritup dari arah Barat daya hingga Timur laut dengan kecepatan antara 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arahBarat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 07-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Sedangkan angin di Barat Bengkulu bertiup juga dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 08-20 knots, juga di wiayah itu hujan sedang. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah P. Sumatera, Selat Malaka, Kepulauan Mentawai, Selat Sunda dan Samudera Hindia utara Aceh hingga selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 08-32 km/jam atau 05-18 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar hujan ringan hingga sedang, suhu udaranya berkisar 23 hingga 30 derajat Celcius dan kelembaban antara 68-98 persen.

"Di tiga kabupaten yaitu Kepahiang, Rejang Lebong, dan Kabupaten Lebong, berpeluang hujan sedang, dengan suhu udara 20-30 derajat Celcius dan kelembaban antara 70-98 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012