Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Bengkulu Audi Rachmad menyebut tim sepak bola Provinsi Bengkulu yang bertanding di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X sudah dipastikan lolos ke babak final dan menjadi juara group A. Dengan hasil ini Bengkulu memastikan satu tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua 2020 mendatang.

Audi Rachmad yang akrab disapa Doni menjelaskan, kepastian tim sepak bola Bengkulu menjadi juara group A setelah kalkulasi atau hitung-hitungan head to head dengan hasil pertandingan provinsi lain di group A. Dari hasil 3 pertandingan yang sudah dijalani, tim sepak bola Provinsi Bengkulu saat ini mengantongi 9 point dan masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Baca juga: Lampung targetkan tiga emas Porwil Bengkulu dari cabor muaythai

Sedangkan rivalnya di group A yakni tim sepak bola Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat sama-sama memiliki 6 point dari 3 pertandingan yang sudah dijalani. Tim sepak bola dua provinsi ini akan bertemu pada pertandingan terakhir dipenyisihan group A. Sedangkan tim sepak bola Provinsi Bengkulu akan bertemu Provinsi Riau dipertandingan terakhir penyisihan group A.

Kata Doni, jika pada pertandingan terakhir dipenyisihan group A antara tim sepak bola Provinsi Jambi melawan Provinsi Sumbar ternyata dimenangkan oleh salah satu tim, maka tim yang menang tersebut akan meraih 9 point atau sama dengan raihan point tim sepak bola Provinsi Bengkulu saat ini.

Disisi lain, jika tim sepak bola Provinsi Bengkulu gagal meraih point atau kalah dari tim sepak bola Provinsi Riau pada pertandingan terakhir penyisihan group A. Tim sepak bola Provinsi Bengkulu akan tetap menjadi juara group A dengan raihan tetap 9 point. Meskipun sama-sama meraih 9 point dengan tim pemenang antara Provinsi Jambi melawan Provinsi Sumbar.

Baca juga: Gubernur optimistis atlet Bengkulu mampu borong medali emas

"Hal ini karena sistem pertandingan adalah head to head. Meskipun nanti antara Provinsi Bengkulu dan pemenang pertandingan Jambi melawan Sumbar sama-sama memiliki 9 point tetap Provinsi Bengkulu yang jadi juara group. Karena secara head to head Provinsi Jambi dan Sumbar sudah dikalahkan oleh Provinsi Bengkulu dipertandingan sebelumnya," kata Doni di Bengkulu, Kamis.

Sementara itu, pengamat sepak bola Bengkulu Iwan Supratman mengatakan, jika hasil pertandingan antara Provinsi Jambi melawan Provinsi Sumbar ternyata seri, maka kedua tim yakni Provinsi Jambi dan Provinsi Riau sama-sama meraih 7 point atau terpaut 2 point dari tim sepak bola Provinsi Bengkulu. Dengan hasil ini semakin memantapkan langkah tim sepak bola Provinsi Bengkulu ke babak final.

Dibabak final nantinya, sambung Iwan, tim sepak bola Provinsi Bengkulu akan berhadapan dengan Provinsi Aceh yang merupakan juara group B. Kedua tim akan bertanding merebut medali emas Porwil Sumatera ke-X pada 3 November mendatang di Stadion Semarak, Kota Bengkulu.

"Kalau kita lihat dari aturan pertandingan, peraih medali emas, perak dan perunggu di Porwil Sumatera ke-X ini sudah pasti akan melaju ke PON di Papua tahun 2020 mendatang. Jadi ini prestasi yang membanggakan bagi tim sepak bola Provinsi Bengkulu," papar Iwan.

Baca juga: 10 Gubernur direncanakan hadir pada pembukaan Porwil di Bengkulu
Baca juga: Raih 6 poin, Bengkulu berpeluang lolos ke semi final

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019