Tiga provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersaing ketat memperebutkan posisi kedua  perolehan sementara medali di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X. Ketiga provinsi tersebut, Senin (4/11) sama-sama meraih 5 medali emas.

Sementara Provinsi Riau masih memimpin perolehan medali dengan 7 emas, 6 perak dan 8 medali perunggu sehingga total mengumpulkan 21 medali.

Baca juga: Renang sumbang 1 emas dan 2 perunggu untuk Bengkulu

Cabang olahraga kempo merupakan penyumbang medali emas terbanyak untuk Provinsi Riau yakni 4 medali emas. Kemudian Cabor billiard, panjat tebing dan renang sama-sama menyumbang 1 medali emas untuk Provinsi Riau.

Medali perak diraih Provinsi Riau dari Cabor renang sebanyak 3 medali perak, kempo 2 medali perak dan billiard 1 medali perak. Medali perunggu diraih Provinsi Riau dari Cabor kempo 4 medali perunggu, panjat tebing 3 medali perunggu dan atletik 1 medali perunggu.

Diposisi kedua klasemen sementara perolehan medali diisi Provinsi Sumbar dengan total 19 medali. Rinciannya Provinsi Sumbar meraih 5 medali emas, 8 medali perak dan 6 medali perunggu. Sebanyak 5 medali emas Provinsi Sumbar diperoleh dari Cabor renang 2 medali emas, Cabor kempo 2 medali emas dan panjat tebing 1 medali emas.

Baca juga: Kalahkan juara Asian Games, atlet Bengkulu raih emas panjat tebing

Sebanyak 8 medali perak Provinsi Sumbar diperoleh dari Cabor kempo 3 medali perak, Cabor atletik 3 medali perak, Cabor billiard dan renang sama-sama menyumbang 1 medeli perak untuk Provinsi Sumbar. Sedangkan medali perunggu diperoleh dari Cabor kempo 2 medali perunggu, Cabor atletik, billiard, panjat tebing dan renang sama-sama menyumbang 1 medali perunggu.

Posisi ketiga klasemen sementara perolehan medali diisi oleh tuan rumah yakni Provinsi Bengkulu dengan total 11 medali. Rinciannya, Provinsi Bengkulu meraih 5 medali emas, 2 medali perak dan 4 medali perunggu. Sebanyak 5 medali emas Provinsi Bengkulu diperoleh dari Cabor kempo 2 medali emas, Cabor billiard 1 medali emas, Cabor panjat tebing 1 medali emas dan Cabor renang 1 medali emas.

Selain itu, sebanyak 2 medali perak Provinsi Bengkulu diperoleh dari Cabor panjat tebing dan sepak bola. Sedangkan 4 medali perunggu diperoleh dari Cabor kempo 2 medali perunggu dan renang 2 medali perunggu.

Posisi keempat klasemen sementara perolehan medali diisi oleh Provinsi Sumut dengan total 12 medali. Rinciannya, Provinsi Sumut meraih 5 medali emas, 1 medali perak dan 6 medali perunggu. Medali emas Provinsi Sumut diperoleh dari Cabor Atletik 2 medali emas, Cabor billiard 2 medali emas dan Cabor renang 2 medali emas.

Baca juga: Tekuk Bengkulu, Aceh juarai sepak bola Porwil Sumatera

Medali perak Provinsi Sumut diperoleh dari Cabor billiard. Sedangkan 6 medali perunggu diperoleh dari Cabor atletik 3 medali perunggu, Cabor kempo 1 medali perunggu, Cabor renang 1 medali perunggu dan Cabor sepak bola 1 medali perunggu.

Posisi kelima klasemen sementara perolehan medali diisi oleh Provinsi Aceh dengan total 10 medali. Rinciannya, 4 medali emas, 4 medali perak dan 2 medali perunggu.

Posisi keenam diisi oleh Provinsi Lampung dengan total 11 medali. Rinciannya, 3 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu. Posisi ketujuh Provinsi Bangka Belitung dengan total 9 medali. Rinciannya, 2 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

Posisi kedelapan Provinsi Jambi dengan total 7 medali. Rinciannya, 2 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunggu. Posisi kesembilan Provinsi Sumsel dengan total 7 medali. Rinciannya, 1 medali emas, 5 medali perak dan 1 medali perunggu 

Sedangkan diposisi 10 atau posisi terakhir diisi oleh Provinsi Kepulauan Riau dengan total perolehan sementara 2 medali. Hingga saat ini Provinsi Kepulauan Riau belum memperoleh medali emas maupun medali perak. Sebanyak 2 medali yang diraih adalah medali perunggu.

Baca juga: Porwil Sumatera - Kempo sumbang 3 medali emas untuk Bengkulu

Porwil Sumatera ke-X ini baru berjalan 2 hari sejak dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada 2 November mendatang. Porwil Sumatera ke-X ini mempertandingkan 11 Cabor. Sebanyak 2 Cabor yakni Cabor kempo dan sepak bola sudah selesai dipertandingkan.

Total, ada ratusan medali yang direbutkan di Porwil Sumatera ke-X ini. Rinciannya, 167 medali emas, 167 medali perak dan 222 medali perunggu. Porwil Sumatera ini juga menjadi ajang untuk kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar tahun 2020 mendatang di Papua.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019