Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemberian vaksin untuk mencegah sebanyak 3.110 hewan penular rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan monyet peliharaan bisa selesai dalam bulan November tahun ini.

“Saat ini sebanyak 2.350 HPR di daerah ini yang telah divaksin untuk mencegah penyakit rabies. Masih ada sekitar ratusan hewan lagi yang belum divaksin dan kami targetkan dalam bulan ini selesai,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan bantuan vaksin untuk 3.110 hewan penular rabies seperti anjing, kucing dan monyet dari pemerintah pusat dan provinsi.

Sebanyak ribuan dosis vaksin untuk mencegah ribuan hewan terserang penyakit rabies yang diterima oleh dinas itu telah didistribusikan ke pusat kesehatan hewan (puskeswan) daerah ini.

Selanjutnya, petugas peternakan dan puskeswan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang akan melakukan vaksinasi terhadap ribuan hewan penular rabies milik masyarakat setempat.

Petugas peternakan dan puskeswan selain melakukan kegiatan vaksinasi anjing, kucing, dan monyet peliharaan masyarakat setempat, sekaligus menyosialisasikan kegiatan vaksinasi tersebut kepada masyarakat setempat.

Ia berharap masyarakat setempat mendukung kegiatan vaksinasi yang bertujuan mencegah penularan penyakit rabies dari satu hewan ke hewan lainnya serta penularan penyakit itu kepada manusia.

Setiap satu dosis vaksin untuk satu hewan penular rabies, sedangkan vaksin itu berfungsi mencegah hewan peliharaan mengidap penyakit rabies.

Kegiatan pencegahan penyebaran dan penularan penyakit rabies di daerah itu tidak hanya dengan cara memberikan vaksin terhadap hewan penular rabies milik masyarakat setempat, akan tetapi juga dengan melakukan eliminasi atau pemusnahan hewan penular rabies yang liar.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019