Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) di wilayah itu saat ini mencapai 3.365 keping.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap di Rejang Lebong, Selasa, menjelaskan pencetakan KIA secara massal ini dilakukan untuk 16 sekolah tingkat dasar baik negeri maupun swasta.

"Saat ini KIA yang dicetak sudah mencapai 3.365 keping, pencetakannya sudah memasuki tahap ketiga dengan sasaran 16 sekolah SD," kata Mei Susanti.

Pencetakan KIA massal baru dilaksanakan September dengan rincian tujuh sekolah SD negeri dan swasta yang berada di Kecamatan Curup dan Kecamatan Curup Tengah serta sembilan SD di Kecamatan Selupu Rejang.

"Untuk di Kecamatan Selupu Rejang saat ini kita masih dalam proses pengumpulan data dari sembilan sekolah, dalam waktu dekat ini proses pencetakan KIA nya akan dilaksanakan," ujar dia.

Sejauh ini proses pencetakan KIA yang dilaksanakan tidak mengalami kendala, mengingat tinta pencetak tersedia cukup banyak, sedangkan untuk stok blanko yang tersisa sebanyak 16.135 keping dari jumlah yang dijatah awal sebanyak 19.500 keping.

Proses pencetakan KIA itu seyogyanya sudah dilakukan secara massal mulai November 2018 lalu, namun karena tidak tersedianya tinta sehingga baru bisa dilakukan pada September 2019 setelah dilakukan pengadaan melalui APBD setempat.

Sementara itu, proses pencetakan KIA di Kabupaten Rejang Lebong saat ini masih difokuskan untuk anak SD dan rencananya tahun depan baru menyasar kalangan usia SMP.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019