Provinsi Riau sudah mengoleksi 50 medali di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X di Provinsi Bengkulu. Hasil ini mengokohkan Provinsi Riau di puncak klasemen sementara perolehan medali.

Provinsi Riau sudah menduduki puncak klasemen sementara perolehan medali sejak hari pertama Porwil Sumatera dimulai. Sejauh ini Provinsi Riau sudah mengantongi 22 medali emas, 12 medali perak dan 16 medali perunggu. 

Baca juga: Penuhi target Porwil, Bengkulu butuh 2 emas

Cabang olahraga renang merupakan penyumbang medali terbanyak bagi Provinsi Riau. Cabor ini menyumbang 13 medali emas, 6 medali perak dan 4 medali perunggu. Total Riau berhasil mengumpulkan 23 medali dari Cabor renang.

Cabor kempo menjadi penyumbang medali emas terbanyak kedua bagi Provinsi Riau. Di Cabor ini Provinsi Riau mendapatkan 4 medali emas, 2 medali perak dan 4 medali perunggu. 

Selain itu, Provinsi Riau juga memperoleh 2 medali emas dari Cabor panjat tebing, 2 medali emas dari Cabor billiard dan 1 medali emas dari Cabor atletik.

Sementara itu, posisi kedua perolehan sementara medali di ajang Porwil Sumatera ke-X ini diduduki Provinsi Sumatera Barat dengan raihan 45 medali. Provinsi Sumbar meraih 13 medali emas, 20 medali perak dan 12 medali perunggu.

Baca juga: Sumbar, Bengkulu dan Sumut sama-sama raih 5 emas

Sedangkan diposisi ketiga yang sejak beberapa hari terakhir ditempati tuan rumah yakni Provinsi Bengkulu bergeser. Provinsi Bengkulu terpental keposisi 5. Posisi ketiga diisi oleh Provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumut meraih 27 medali dengan rincian 11 medali emas, 5 medali perak dan 11 medali perunggu. Diposisi keempat ditempati Provinsi Bangka Belitung dengan raihan 33 medali. Rinciannya, 9 medali emas, 9 medali perak dan 15 medali perunggu.

Diposisi kelima Provinsi Bengkulu meraih 23 medali dengan rincian 9 medali emas, 7 medali perak dan 7 medali perunggu. Posisi keenam ditempat Provinsi Aceh dengan raihan 18 medali. Rinciannya, 8 medali emas, 7 medali perak dan 3 medali perunggu.

Sedangkan posisi ketujuh ditempati Provinsi Sumatera Selatan dengan raihan 24 medali. Rinciannya, 5 medali emas, 10 medali perak dan 9 medali perunggu. Posisi kedelapan ditempat Provinsi Lampung dengan raihan 20 medali. Rinciannya, 3 medali emas, 7 medali perak dan 10 medali perunggu.

Baca juga: Renang sumbang 1 emas dan 2 perunggu untuk Bengkulu

Di posisi kesembilan ditempati Provinsi Jambi dengan total sebanyak 15 medali. Rinciannya, 3 medali emas, 6 medali perak dan 6 medali perunggu.

Sedangkan diposisi terakhir ditempati Provinsi Kepulauan Riau dengan hanya meraih 2 medali saja. Provinsi ini sama sekali belum mendapat medali emas dan perak.

Porwil Sumatera ke-X ini akan resmi ditutup pada 9 November mendatang. Dari 11 cabor yang dipertandingkan, beberapa cabor telah selesai yakni cabor sepak bola, cabor kempo dan cabor panjat tebing. Di beberapa cabor lainnya pertandingan masih berlangsung.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019