Cabang olahraga cabor Muaythai menyumbang lima medali emas untuk Provinsi Bengkulu. Tambahan medali emas ini mengangkat Provinsi Bengkulu ke peringkat 3 klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X.

Sebelumnya, Provinsi Bengkulu berada diperingkat ke-4. Sedangkan posisi ke-3 ditempati Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Bengkulu bahkan sempat terpental ke posisi ke-5 di bawah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sempat mengisi posisi ke-4.

Baca juga: Fighter Muaythai Bengkulu menang TKO

Saat ini Provinsi Bengkulu mengumpulkan total 39 medali dengan rincian 17 medali emas, 9 medali perak dan 13 medali perunggu sedangkan Provinsi Sumut meraih 46 medali dengan rincian 15 medali emas, 12 medali perak dan 19 medali perunggu.

Sebanyak 5 medali emas Muaythai ini diraih dari kelas 51 kilogram putri, kelas 57 kilogram putri, kelas 45 kilogram putra, kelas 48 kilogram putra dan kelas 63.5 kilogram putra. Selain medali emas, cabor muaythai juga menyumbang 2 medali perak dan 3 medali perunggu. Hasil ini menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai juara umum cabor muaythai.

Pelatih Cabor muaythai Provinsi Bengkulu Robi Parmawantori mengatakan, sejak awal pihaknya memang optimis dan sudah menargetkan menjadi juara umum Cabor muaythai ini. Provinsi Bengkulu menurunkan 16 fighter untuk bertarung di 18 kelas.

Baca juga: Kalahkan Lampung, ganda putri Bengkulu sabet emas

Robi menjelaskan, 7 orang fighter yang berhasil meraih medali emas dan perak di Porwil Sumatera ke-X ini dipastikan akan bertarung di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang di Papua.

Robi mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan para fighter ini lebih maksimal lagi dan menargetkan kembali meraih emas di PON mendatang.

"Tentu selesai Porwil ini kita akan menatap PON dan mempersiapkan diri dengan baik. Kita akan maksimalkan latihan-latihan untuk para fighter," jelas Robi.

Disisi lain, Provinsi Riau semakin kokoh dipuncak klasemen sementara Porwil Sumatera ke-X ini. Provinsi Riau sudah mengumpulkan 29 medali emas, 17 medali perak dan 31 medali perunggu.

Diposisi kedua pun masih diisi Provinsi Sumatera Barat dengan raihan 21 medali emas, 29 medali perak dan 22 medali perunggu.

Provinsi Bengkulu pun masih memiliki kesempatan untuk menambah pundi-pundi medali emasnya. Sebab dibeberapa Cabor seperti tinju, voli dan bulutangkis masih ada atlet Provinsi Bengkulu yang melaju ke babak final untuk merebutkan medali emas.

Baca juga: Bengkulu posisi 4 perolehan medali Porwil Sumatera
Baca juga: Raih 22 emas, Riau pimpin perolehan medali

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019