Anggota TNI Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu menerima penghargaan karena berhasil menggagalkan aksi perampokan kendaraan bermotor atau begal yang beraksi di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko kepada Kopral Satu (Koptu) Sudardi, Babinsa Koramil 409-03/Padang Ulak Tanding, usai peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di halaman Makodim 0409/Rejang Lebong, Minggu.

Apresiasi ini diberikan oleh Dandim 0409/Rejang Lebong, atas keberanian prajurit TNI menggagalkan aksi begal terhadap pengendaraan kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, tepatnya di Desa Air Apo, Kecamatan Binduriang, Sabtu (9/11) kemarin.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada Koptu Sudardi yang dengan beraninya menggagalkan aksi perampokan kendaraan bermotor yang terjadi Sabtu kemarin," ujar dia.
Aksi heroik Koptu Sudardi tersebut diharapkan, bisa menjadi teladan dan inspirasi bagi anggota Kodim 0409/Rejang Lebong dalam membantu masyarakat yang terkena musibah dilapangan seperti kasus perampokan atau lainnya.

Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di halaman Makodim 0409/Rejang Lebong kali ini diikuti oleh ratusan prajurit TNI se garnizun Curup baik dari Kodim 0409/Rejang Lebong, Yonif 144 Jaya Yudha dan ASN Kodim, di mana upacara ini Dandim Sigit Purwoko bertindak selaku inspektur upacara.

Dalam amanat Menteri Sosial Juliari P Batubara pada Hari Pahlawan 2019 yang dibacakan Dandim Sigit Purwoko mengharapkan peringatan Hari Pahlawan ini dapat meningkatkan kesadaran mencintai Tanah Air dan menjaganya sampai akhir hayat, sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga.

"Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan persatuan bangsa serta jangan biarkan negeri ini terkoyak saling menghasut dan berkonflik satu sama lain," kata dia.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Mensos seperti dibacakan Dandim mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata yaitu dengan bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

"Kiranya Hari Pahlawan bukan serimonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan," tambah dia lagi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019