Brigadir Jenderal Polisi Sahimin Zainudin, Senin (11/11) resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Bengkulu menggantikan Kombes Pol Budi Widjanarko. Sahimin merupakan Wakapolda Bengkulu pertama yang menyandang pangkat Brigjen.

Prosesi serah terima jabatan (Setijab) Wakapolda Bengkulu ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman di Aula Adem, Mapolda Bengkulu.

Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno mengatakan, jabatan Wakapolda Bengkulu dengan pangkat Brigjen ini setelah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) secara resmi menaikan tipologi Polda Bengkulu dari sebelumnya tipe B menjadi tipe A.

"Jadi jabatan Wakapolda dengan pangkat Brigjen ini menyesuaikan dengan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A. Nanti Kapolda juga akan naik pangkat jadi Irjen atau bintang dua," kata AKBP Sudarno di Bengkulu, Senin.

Kabid Humas Polda Bengkulu menambahkan, berdasarkan telegram rahasia bernomor 2850/X/Kep/2019 tanggal 21 Oktober 2019 menyebutkan bahwa mantan Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Budi Widjanarko menjabat sebagai Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) di Polda Metro Jaya.

Sedangkan Brigjen Pol Sahimin Zainudin sebelumnya menjabat sebagai Karokerma KL SOPS Polri. Sahimin diketahui pernah mengenyam pendidikan di Bengkulu. Ia disebut pernah menempuh pendidikan disalah satu SMA di Kota Bengkulu.

AKBP Sudarno menambahkan, Polda Bengkulu, Selasa (12/11) rencananya juga akan menggelar pengukuhan Polda Bengkulu menjadi tipe A. Pengukuhan ini akan dihadiri langsung Wakapolri Komjen Pol Ari Dono. 

Nantinya, Kapolda Bengkulu akan dijabat oleh Irjen Pol atau bintang dua. Jabatan Kapolda ini tetap dijabat oleh Supratman. Selain itu, jabatan Kabid yang sebelumnya berpangkat AKBP akan naik menjadi Kombes Pol.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019