Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Warga Desa Kungkai Baru, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, membutuhkan perbaikan jalan agar berbagai aktivitas lalu lintas berjalan lancar.
   
"Kami sangat mengharapkan perbaikan dan pengaspalan jalan di desa ini agar aktivitas lalu lintas serta distribusi barang dan jasa berjalan lancar," kata salah seorang warga Desa Kungkai Baru Soeprapto, Rabu.

Ia mengatakan, bila musim hujan jalan yang berlobang dengan kedalaman mencapai rata-rata 40 centimeter dan lebar tiga meter berubah menjadi kolam.

"Para pengendara harus berhati-hati saat musim hujan tiba karena genangan air mencapai kedalaman 40 centimeter membuat jalan menjadi licin sehingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas," katanya.

Sebagian besar para pengendara bermotor roda dua sering terpeleset dan jatuh karena jalan yang berlubang dalam menjadi licin saat musim hujan tiba.  

"Para pengendara mobil juga sering terhambat perjalanannya saat musim hujan karena rodanya terperosok akibat jalan licin dan lubang yang dalam," katanya.

Kecelakaan lalu lintas akan semakin sering terjadi pada malam hari saat musim hujan karena para pengendara terjebak lubang-lubang yang digenangi air yang dalam.
 
Sementara itu, bila musim kemarau tiba maka debu akan banyak beterbangan karena jalan hanya dilapisi batu koral dan belum diaspal.

"Warga yang tinggal di pinggir jalan sering menderita penyakit flu dan batuk karena menghisap debu yang beterbangan saat musim kemarau tiba," katanya.

Karenanya warga sangat mengharapkan pemerintah Kabupaten Seluma dan Provinsi Bengkulu segera memprogramkan pengaspalan jalan di Desa Kungkai Baru yang panjangnya mencapai 10 kilometer. (MHE)       

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012