Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, kembali menyalurkan bantuan berupa insektisida dan fungisida untuk memberantas hama wereng dan penyakit blas yang menyerang tanaman padi milik Kelompok Tani Karya Maju Desa Lubuk Sanai II.

“Kami telah memberikan bantuan insektisida sebanyak dua liter dan fungisida sebanyak dua liter yang dibutuhkan oleh petani di daerah ini untuk memberantas hama wereng dan penyakit blas yang merusak tanaman padi,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan insektisida dan fungisida menindaklanjuti surat usulan permohonan bantuan insektisida dan fungisida untuk memberantas hama wereng dan penyakit blas dari Kelompok Tani Karya Maju Desa Lubuk Sanai II.

Pihaknya menyalurkan bantuan insektisida dan fungisida kepada kelompok tani ini setelah ada rekomendasi, terkait tanaman yang diserang hama dan penyakit dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

Selanjutnya, ia mengatakan kelompok tani ini secara swadaya menggunakan insektisida dan fungisida bantuan pemerintah setempat itu untuk memberantas hama wereng dan penyakit blas yang menyerang tanaman padinya.

Ketua Kelompok Tani Karya Maju Desa Lubuk Sanai II, Kecamatan XIV Koto Edi Sutrisno dalam keterangannya menyebutkan seluas dua hektare tanaman padi milik kelompok taninya yang diserang hama wereng dan tiga hektare terkena penyakit blas.

Ia menyatakan anggota kelompok tani ini sudah berupaya melakukan pengendalian secara swadaya, akan tetapi belum dapat mengurangi serangan hama wereng dan penyakit blas.

Untuk seluruh anggota kelompok tani tersebut meminta pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian untuk memberikan bantuan berupa obat-obatan seperti insektisida dan fungisida untuk memberantas hama wereng dan penyakit blas tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019