Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tahun ini semua Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) baik yang pegawai negeri sipil maupun tenaga harian lepas akan mendapatkan sepeda motor dinas untuk operasional ke lapangan dari pemerintah provinsi setempat.

“Sebanyak 79 PPL di daerah ini, sebanyak 65 PPL di antaranya pegawai negeri sipil dan 14 tenaga harian lepas. Semua PPL daerah ini dalam bulan ini akan mendapatkan sepeda motor dinas jenis bebek dari pemerintah provinsi,” kata Kabid Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah provinsi setempat memberikan bantuan sepeda motor dinas ini selain untuk mengganti sepeda motor milik sejumlah PPL di daerah ini yang sering rusak akibat sudah berusia tua dan yang belum pernah mendapatkan kendaraan roda dua untuk operasional ke lapangan.

Selanjutnya, ia mengatakan, pemerintah setempat akan menarik kendaraan roda dua dinas yang lama milik sejumlah PPL di daerah ini untuk dimanfaatkan bagi petugas pertanian lainnya.

Ia mengatakan, hingga kini masih banyak PPL dari sebanyak 79 PPL yang ditugaskan di 148 desa di daerah ini yang belum punya kendaraan dinas untuk operasional mereka ke lapangan.

Menurutnya, karena kendaraan dinas ini sangat vital dan sangat dibutuhkan sekali oleh PPL di daerah ini sehingga pemerintah provinsi memfasilitasi kendaraan dinas untuk semua PPL tersebut.

Pemerintah provinsi setempat memberikan kendaraan dinas kepada PPL agar mereka tidak ada kendala dalam melaksanakan tugas ke lapangan untuk membimbing kelompok tani dan mentransfer informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tentang sektor pertanian kepada petani di daerah ini.

Selanjutnya kendaraan dinas ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja PPL dan mensukseskan program pemerintah pusat dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019