Panitia penjaringan calon kepala daerah (cakada) Partai Demokrat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sudah ada 10 nama yang mendaftarkan diri guna mengikuti seleksi yang mereka laksanakan.

Ketua Tim Penjaringan Cakada DPC Demokrat Rejang Lebong, Yunada di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan, proses penjaringan cakada yang akan mereka usung pada pilkada serentak tahun depan sudah sejak 2 Nopember hingga 30 November 2019.

"Sampai hari ini sudah ada 10 orang yang mendaftar di DPC Partai Demokrat Rejang Lebong, namun dari jumlah itu masih ada beberapa orang yang belum mengembalikan berkas pendaftaran, kita tunggu sampai dengan batas akhir pada 30 November ini," jelas dia.

Dari 10 kandidat yang mendaftar di DPC Partai Demokrat tersebut, tambah dia, bakal calon yang mendaftar maupun mengembalikan formulir secara berpasangan baru ada dua pasangan, yakni pasangan Susilawati dengan Ruswan YS, kemudian pasangan Syamsul Effendi dengan Hendra Wahyudiansyah.

"Yang berpasangan hingga saat ini baru dua pasangan, yakni pasangan Susilawati-Ruswan dan Syamsul-Hendra, sedangkan yang lainnya masih perorangan baik yang mendaftar sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati," ungkapnya.

Dalam proses penjaringan cakada ini, pihaknya hanya melakukan proses penerimaan berkas dan verifikasi saja, selanjutnya untuk pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan akan dilaksanakan DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu.

Fit and proper test ini akan dilaksanakan bersamaan dengan tujuh kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu yang akan melaksanakan pilkada tahun depan.

Dari pelaksanaan fit and proper test itu pihak DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu akan menjaring dua atau tiga pasangan bakal calon bupati wakil bupati yang akan dibawa ke DPP Partai Demokrat.

Sementara itu, pasangan Susilawati-Ruswan, salah satu pasangan yang mengembalikan berkas pendaftaran kepada sejumlah wartawan yang berada di DPC Partai Demokrat Rejang Lebong mengatakan, partai tersebut merupakan partai kelima tempat pasangan itu mendaftarkan diri.

"Ini merupakan partai kelima tempat kami mendaftar, dan berkas yang sudah dikembalikan setelah sebelumnya ke Partai Hanura, PKS, NasDem dan Partai Perindo. Besar harapan kami Partai Demokrat nantinya bisa merekomendasikan kami," kata Susilawati.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019