Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyelesaikan perbaikan bangunan tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Pulau Makmur yang rusak akibat angin kencang dan gempa bumi.

“Saat ini pekerjaan rehabilitasi TPI telah rampung 100 persen. Proses selanjutnya usulan final hand over ( FHO ) atau serah terima akhir pekerjaan tersebut dari penyedia kepada penerima barang,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Nassyardi dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun ini mendapatkan alokasi dana sekitar Rp130 juta dari APBD murni untuk rehabilitasi TPI di Desa Pulau Makmur, Kecamatan Ipuh, yang rusak akibat angin kencang dan gempa bumi.

Pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi TPI yang mulai berjalan pada tanggal 2 Desember hingga 22 Desember 2019 sempat mengalami keterlambatan karena perencanaan juga terlambat.

Ia mengatakan, karena pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi TPI ini tidak sampai satu bulan sehingga instansinya meminta pihak rekanan barang dan jasa pemerintah menyelesaikan tepat waktu, bila perlu menambah tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Untuk saat ini realisasi kegiatan pekerjaan pembangunan fisik rehabilitasi TPI di Desa Pulau Makmur, Kecamatan Ipuh, tersebut telah rampung 100 persen dan siap digunakan.

Ia mengatakan, alokasi dana sebesar itu untuk mengganti sebagian besar atap menggunakan rangka baja dan penambahan besi sekeliling bangunan untuk menjaga sarana dalam TPI tersebut.

Karena ada beberapa aset negara seperti box untuk tempat penyimpanan berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan di dalam gudang bangunan TPI tersebut yang perlu diamankan.

Pembangunan seluruh lantai bangunan TPI tersebut, untuk mengantisipasi jangan sampai air merendam bagian dalam bangunan tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019