Mukomuko, Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memindahkan lokasi pengembangan budi daya rumput laut dari Kecamatan Airrami ke Kecamatan Ipuh.

"Lokasi budi daya rumput laut yang lama di Kecamatan Airrami tidak aman lagi karena menjadi perlintasan perahu nelayan, jika tetap di sana sulit berkembang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Eddy Apriyanto di Mukomuko, Jumat.

Karena itu, kata dia, pada 2012 lokasi pengembangan budi daya rumput laut di daerah itu dipindahkan ke lokasi yang lebih aman yang tidak menjadi perlintasan perahu nelayan.

Sementara kelompok pengelolaan budidaya rumput laut di lokasi yang baru, lanjutnya, yakni koperasi minapesisir Ipuh dan Airrami.

"Kelompok ini merupakan gabungan dari kelompok nelayan di Kecamatan Airrami dan Kecamatan Ipuh," kata dia.

Sebanyak 1,5 ton bibit rumput laut yang diberikan kepada kelompok tersebut.

"Kami berharap dengan pemindahan lokasi budidaya rumput laut, nelayan mendapatkan manfaat secara ekonomi dari hasilnya," ujarnya.

Karena lanjutnya, satu ons bibit rumput laut dapat menghasilkan sebanyak satu kg rumput laut.

Kemudian, kata dia, tinggal lagi kesadaran dan keinginan dari setiap orang dalam kelompok nelayan tersebut, karena bibit termasuk peralatan telah diberikan oleh pemerintah setempat kepada mereka.

"Lihat saja potensi budi daya rumput laut di daerah ini termasuk  keinginan dari nelayan sendiri," ujarnya lagi. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012