Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Benkulu, menyatakan pembagian sebanyak 129 unit alat mesin pertanian atau alsintan kepada ratusan kelompok tani di daerah ini dilaksanakan secara bertahap mulai bulan Desember tahun ini.

“Jumlah alsintan bantuan dari pemerintah untuk kelompok tani di daerah ini sangat banyak sehingga tidak bisa dibagikan sekaligus. Untuk itu pembagiannya dilaksanakan secara bertahap,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian selama tahun ini mendapat bantuan alat mesin pertanian sebanyak 129 unit dari pemerintah pusat dan provinsi. Mayoritas bantuan ini bersumber dari dana tugas perbantuan (TP) provinsi.

Sebanyak ratusan unit alat mesin pertanian tersebut terdiri dari traktor tangan roda dua, traktor tangan roda empat, cultivator, pompa air, handsprayer, combine harvester atau alat panen padi dan jagung.

Ia menyatakan, pada tahap pertama ini instansinya membagikan sebanyak puluhan alat mesin pertanian kepada puluhan kelompok tani yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini.

Setelah ini, ia mengatakan, dilanjutkan dengan pembagian sisa alat mesin pertanian lainnya khusus kepada kelompok tani yang bergerak di sektor tanaman pangan dan hortikultura di daerah ini.

“Dalam waktu dekat ini kita bagikan semua alat mesin pertanian bantuan pemerintah ini kepada kelompok tani di daerah ini, sesuai dengan petunjuk teknis dan pelaksanaannya,” ujarnya.

Sedangkan pemanfaatan sebanyak 129 unit alat mesin pertanian bantuan pemerintah tersebut, ia mengatakan, ada yang langsung dihibahkan kepada kelompok tani di daerah ini dan yang hanya pinjam pakai.

“Selain hibah, ada sistem brigade alsintan tetapi kita belum memiliki personel untuk mengelola alsintan ini, sehingga kita manfaatkan alat mesin pertanian ini dengan sistem pinjam pakai kepada petani,” ujarnya.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019