Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat menyelesaikan pembangunan empat titik jalan baru untuk memudahkan petani mengangkut hasil panen padi dari sawahnya.

“Pembangunan jalan baru di empat titik di daerah ini selesai tepat waktu dan paling lama pengerjaan pembangunannya tanggal 26 Desember 2020,” kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek Pembangunan Jalan Baru Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Dinas Pertanian setempat mendapatkan alokasi dana dari APBD perubahan untuk pembangunan sebanyak empat ruas jalan usaha tani berupa pembukaan jalan baru pada tahun ini.

Ia mengatakan, waktu pelaksanaan pekerjaan pembangunan empat jalan baru di daerah ini sangat singkat yakni selama satu bulan mulai dari  28 November hingga 27 Desember 2019.

Dari empat proyek pembangunan jalan baru di daerah ini, ada satu proyek pembangunan jalan baru yang terakhir selesai pengerjaannya pada  26 Desember 2019, atau sebelum berakhir masa kontrak kerja pembangunannya 27 Desember 2019.

Tahapan selanjutnya proses administrasi proyek pembangunan sebanyak empat titik jalan baru di daerah ini, termasuk pencairan dana untuk kegiatan pembangunan jalan tersebut.

Ia menyebutkan, alokasi dana yang bersumber dari APBD perubahan 2019 untuk kegiatan pembangunan fisik pembukaan jalan baru ini yang tersebar di empat titik di daerah ini bervariasi.

Pagu dana pembangunan jalan usaha tani di Desa Aur Cina sebesar Rp175 juta, pembangunan jalan usaha tani di Desa Lubuk Talang Rp162 juta, dan pembangunan jalan di Desa Lubuk Sanai dan Talang Baru masing-masing sebesar Rp160 juta.

Ia mengatakan, dengan pagu dana mulai dari sebesar Rp160 juta hingga Rp175 juta itu untuk membangun empat jalan baru dengan panjang masing-masing sekitar 1,2 kilometer.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019