Balige, Sumut (ANTARA Bengkulu) - Tobasa Motor Community (TBC) melakukan jelajah wisata lintas Sumatra dengan rute dari Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara hingga Bukittinggi, Sumatra Barat, guna  mempromosikan potensi pariwisata Danau Toba.

"Jelajah wisata menggunakan kenderaan roda dua tersebut merupakan kalender kegiatan olahraga otomotif  untuk menggalakkan promosi industri pariwisata kawasan Danau Toba agar lebih dikenal masyarakat di luar Sumatra Utara," kata Ketua TBC Toba Samosir, Ir. Zevrin Harahap di Balige, Senin.

Dikatakannya, 'event' yang diselenggarakan mulai 22 hingga 25 Desember 2012 itu merupakan kalender tahunan tetap, sebagai upaya memperkenalkan keindahan panorama Danau Toba, di setiap daerah yang mereka lalui.

Pada berbagai wilayah yang disinggahi, kata dia, mereka selalu menyebarkan informasi tentang keunikan danau terluas di Asia Tenggara yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatra Utara itu, sehingga kunjungan wisatawan diharapkan bisa meningkat.

Menurut dia, kegiatan yang berlangsung selama empat hari melewati jalan lintas Sumatra, dengan rute Balige-Bukittinggi-Padang, Sumatra Barat-Pekanbaru-Sosa-Gunungtua-Parsabolas-Aek Latong pulang pergi (pp) itu, sebagai bentuk komitmen TBC dalam partisipasinya menggalakkan dunia otomotif sekaligus mengembangkan potensi industri pariwisata, khususnya memperkenalkan Danau Toba.

Zevrin, yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Toba Samosir itu menjelaskan, anggota timnya telah mempersiapkan fasilitas yang diperlukan serta melibatkan instansi terkait yang berkompeten, agar sosialisasi tentang potensi pariwisata Danau Toba dapat mereka sampaikan kepada masyarakat sepanjang rute yang dilintasi, sesuai jadwal yang ditetapkan.

Memang, kata dia, kegiatan olahraga otomotif tersebut masih berskala lokal, namun setiap peserta yang mengikuti akan memperoleh banyak manfaat, berupa pemahaman tetib berlalu lintas, sehingga puluhan anggota  yang rata-rata menggunakan sepeda motor besar di atas 200 cc itu, paham dengan misi yang harus mereka jalankan.

"'Event' tersebut diharapkan dapat membantu promosi pariwisata di Danau Toba, karena melibatkan peserta dari berbagai kalangan,.di antaranya ada yang berprofesi sebagai peneliti bidang pertanian, pegawai Kantor Pos, notaris serta didampingi teknisi motor berpengalaman," ujarnya.

Momen tersebut, katanya, dapat dimanfaatkan para penggemar olahraga otomotif dengan berkendaraan secara tertib dan santai guna menyalurkan hobinya sambil menikmati keindahan panorama alam sepanjang rute perjalanan, terutama sejumlah destinasi wisata menarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Menurut Zevrin, kehadiran tim jelajah wisata mengendarai motor besar itu, masih tergolong baru, namun komunitasnya sudah cukup banyak, karena mereka menganut manajemen "touring" melalui penjelasan teknik-teknik berkenderaan yang aman (safety) dengan kebebasan memilih tipe sepeda motor yang digunakan.

Para anggota TBC, kata dia, umumnya merasa terinspirasi untuk melakukan jelajah sepeda motor, apalagi, mereka dibekali ilmu guna mempromosikan pariwisata Danau Toba, sehingga mereka semakin terangsang menggalakkan touring dimaksud.

"Kehadiran tim jelajah wisata cukup berterima di kalangan masyarakat, sehingga diperkirakan penggemarnya akan semakin banyak," sebut Zevrin. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012