Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Curup yang membawahi empat kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini melayani permintaan turun kelas para pesertanya pascapemberlakukan kenaikan tarfi terhitung 1 Januari kemarin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Syafrudin Imam Negara di Rejang Lebong, Selasa mengatakan kalangan peserta mandiri yang meminta pelayanan turun kelas ini bisa dilakukan dengan mekanisme praktis dan super praktis.

"Mereka yang akan turun kelas ini bisa memilih dua alternatif yaitu praktis dan super praktis, bagi peserta mandiri yang ingin turun kelas silahkan datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan Curup, mobile JKN dan mobile customer service atau MCS," ujar dia.

Sejauh ini jumlah peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup yang tersebar dalam empat kabupaten di Bengkulu yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Bengkulu Utara kata dia, yang sudah mengurus perpindahan kelas mencapai ratusan orang.

Sementara itu, pelayanan turun kelas yang disiapkan pihaknya itu ialah pelayanan praktis dilaksanakan pihaknya hingga 30 April nanti, di mana mereka bisa melakukan perubahan kelas tanpa harus satu tahun berjalan tetapi bisa langsung dilakukan dalam periode itu, namun perubahan bisa dilaksanakan sekali dalam setahun.

Kalangan peserta mandiri yang memilih layanan ini yang sebelumnya mengambil kelas I bisa turun langsung pindah ke kelas III, di mana pelayanan ini jika dilakukan bulan ini maka terhitung Februari nanti sudah bisa dinikmati.

Selain itu program praktis ini kata dia, juga bisa dinikmati oleh peserta yang status kepesertaannya tidak aktif lantaran ada tunggakan, sehingga mereka bisa merubah kelasnya walaupun kartunya tidak aktif.

Sedangkan, pelayanan lainnya yang mereka siapkan ialah program super praktis hampir sama dengan program praktis namun ada beberapa kelebihannya namun hanya berlaku hingga 31 Januari nanti, namun saat melakukan perubahan statusnya akan langsung berubah tanpa harus menunggu satu bulan terlebih dahulu.

Kemudian bila peserta sudah terlanjut bayar dan ingin melakukan perubahan dengan program super praktis maka kelebihan bayarnya akan menjadi saldo untuk pembayaran iuran bulan selanjutnya. Bahkan peserta non aktif yang akan melunasi tunggakannya hanya dikenakan biaya sesuai jumlah tunggakan dan besaran pembayaran disesuaikan dengan kelas yang diambil saat ini.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020