Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba Polda Bengkulu Kombes Pol Agus Wibowo menyebutkan, jika lembaga itu sejak didefinitifkan pada 2011 lalu hingga tahun ini sudah meluluskan 1.317 siswa menjadi anggota Polri.

Dijelaskan Kombes Pol Agus Wibowo, pada acara syukuran HUT SPN Bukit Kaba, Sabtu, jika lembaga itu didefinitifkan berdasarkan Keputusan Polri No.Kep/17/I/2011, tanggal 14 Januari 2011 tentang pembentukan dan pengesahan SPN Bukit Kaba.

"Sejak ditetapkan menjadi definitif tahun 2011 sampai tahun 2020 ini SPN Bukit Kaba telah meluluskan 1.317 anggota Polri . Jumlah ini akan kembali bertambah, karena saat ini yang masih mengikuti pendidikan ada 143 siswa," ujar dia.

Dijelaskan dia, di SPN Bukit Kaba ini juga berasal dari peserta pelatihan kewilayahan dengan jumlah mencapai 7.650 orang, dan 263 siswa Pendidikan Alih Golongan (PAG) yang telah mendapatkan pelatihan dan didik di SPN Polda Bengkulu.

SPN Bukit Kaba berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang ini dibangun pada 2005 lalu, di mana saat ini telah memiliki berbagai fasilitas pendidikan dan pelatihan berupa gedung yang dibangun pemerintah yang dikelola oleh Polri diantaranya kantor utama, polyklinik, bangunan gojo, gedung penjagaan, rumah makan, rumah dinas, barak siswa.

Kemudian tower air, ruang kelas, chekdam atau bangunan penahan sedimen, sarana ibadah, dan sarana pendidikan lainnya. Sedangkan untuk lapangan tembak serta rehab halang rintang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Pada ulang tahun SPN Bukit Kaba ke 9 tahun 2020 ini, pihaknya kata dia, berkomitmen tetap melakukan pendidikan untuk menjadikan Polri yang Profesional, Modern, Terpercaya (Promoter) dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk itu pihaknya meminta dukungan dari Bupati dan Ketua DPRD Rejang Lebong guna memperhatikan SPN Bukit Kaba sebagai aset daerah sebagai lembaga pendidikan putra-putra Bengkulu menjadi anggota Polri.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020