Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Bengkulu  menyebutkan, konglomerat dan petinggi partai politik hingga saat ini menguasai tanah di Provinsi Bengkulu, dengan luas hampir setengah juta hektare.

"Jumlah pengusaha dan petinggi Patai Politik (Parpol) tercatat sekitar 121 orang  termasuk konglomerat dari perusahaan asing," kata Direktur Eksekutif Wahaan Lingkungan Hidup (Walhi) Bengkulu Zenzi Suhadi, Sabtu.

Ia menjelaskan, ke-121 orang tersebut memiliki lebih dari 100 perusahaan pertambangan dan perkebunan di Provinsi Bengkulu dari latar belakang beragam kebanyakan dari petinggi partai politik dan perusahaan asing.

Walhi Bengkulu  merencanakan akan mengumumkan kepada publik, nama pemilik perusahaan atau konglomerat tersebut pada pekan depan, sehingga masyarakat dapat mengetahuinya.

Para pemilik lahan terluas dari petinggi partai politik adalah partai besar, sedangkan untuk perusahaan asing berasal dari China, Eropa, India, serta beberapa  negara asal Benua Amerika.  (ANT/Z005)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012