Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2020 di daerah itu cukup tinggi.

Sekretaris DPMD Rejang Lebong Desma Heryana saat memantau Pilkades di sejumlah desa di Kecamatan Curup Utara, Kamis, mengatakan tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilkades serentak dalam 56 desa di Kabupaten Rejang Lebong rata-rata per desa yang melaksanakannya mencapai 90 persen.

"Dari pantauan kami sementara ini angka partisipasi masyarakat dalam Pilkades tahun 2020 ini cukup tinggi bahkan ada yang 100 persen," ujar dia.

Tingginya angka partisipasi masyarakat pelaksanaan Pilkades kali ini tambah dia, karena kesadaran masyarakat mulai meningkat dalam menggunakan hak suaranya guna memilih calon kepala desa sesuai dengan pilihan masing-masing.

Sementara itu, pemungutan suara dalam 56 desa yang melaksanakan Pilkades tahap III di Kabupaten Rejang Lebong ini memperebutkan 51.832 suara, di mana pelaksanaannya dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, dan selanjutnya dilakukan penghitungan surat suara.

"Alhamdulillah pelaksanaannya sementara ini berjalan aman dan lancar, untuk surat suaranya juga tidak bermasalah walau masih ada satu atau dua lembar yang rusak tetapi langsung diganti dengan surat suara cadangan yang disiapkan," terangnya.

Surat suara Pilkades itu sendiri setelah dihitung di TPS masing-masing desa yang melaksanakannya selanjutnya langsung ditarik dan dikumpulkan di Polres Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020