Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu menyebutkan gelombang laut di perairan Bengkulu diprakirakan setinggi dua meter, sebelumnya 2,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut di perairan Enggano lebih tinggi yaitu 2,5 meter, dan gelombang laut di perairan barat Bengkulu mencapai tiga meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Senin.

Ia mengatakan gelombang laut setinggi tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano, perairan Lampung, Selat Sunda hingga selatan Jawa Barat.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 05-17 knots.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari barat hingga barat laut dengan kecepatan 08-18 knots. Di wilayah itu berpeluang terjadi hujan ringan.

Sedangkan angin di barat Bengkulu bertiup juga dari barat hingga barat laut, dengan kecepatan 10-20 knots. Di wilayah itu juga berpeluang terjadi hujan ringan.

Berdasarkan hasil pemantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera, wilayah Mentawai, Selat Sunda, dan Samudera Hindia barat Aceh hingga selatan Pulau Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 08-30 kilometer per jam, atau 05-17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya berpeluang hujan ringan, mulai dari Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu, dan Bengkulu Selatan.

"Suhu udaranya 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban 62-98 persen," ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013