Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat berada di Kabupaten Rejang Lebong berjanji akan menaikan gaji honorer di wilayah itu secara bertahap.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur Rohidin saat menyerahkan ratusan SK Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang bertugas di Kabupaten Rejang Lebong bertempat di SMKN 4 Rejang Lebong, Rabu.

"Kita berkomitmen untuk memberikan honor bagi GTT dan PTT ini sesuai dengan UMP Bengkulu sebesar Rp2,2 juta  per bulan," ujar dia.

Peningkatan kesejahteraan pegawai honor di wilayah yang dipimpinnya itu kata dia, sebagai komitmen dirinya sebagai Gubernur Bengkulu, di mana jika sebelumnya gaji pegawai honorer yang bertugas di dinas/instansi semula hanya berkisar Rp1 jutaan kemudian secara bertahap naik dikisaran Rp2 juta per bulan.

Sedangkan untuk gaji GTT dan PTT di Provinsi Bengkulu saat ini untuk tahap awal diberikan sebesar Rp1 juta per bulan, gaji ini lebih baik dari yang mereka terima dari masing-masing sekolah sebelumnya berkisar Rp100.000 hingga Rp300.000 per bulan sesuai dengan kemampuan sekolah.

Selain akan menerima gaji per bulan Rp1 juta kalangan GTT dan PTT ini kata Rohidin, juga akan menerima penghasilan tambahan berupa gaji ke-13 dan gaji ke-14 yaitu tunjangan hari raya masing-masing sebesar satu bulan gaji.

Total anggaran yang disiapkan Pemprov Bengkulu untuk membayar gaji GTT dan PTT serta honorer dinas/intansi di wilayah itu tahun ini mencapai Rp 95 miliar, kendati jumlahnya cukup besar namun tidak dipersoalkannya karena uang itu akan berputar dalam Provinsi Bengkulu.

Meskipun anggaran untuk gaji GTT, PTT dan honorer dinas instansi di Provinsi Bengkulu ini cukup besar tetapi kata dia, tidak menghambat pembangunan fisik dalam 10 kabupaten/kota.

Sejauh ini Pemprov Bengkulu belum akan menambah kuota GTT dan PTT tetapi jika ada sekolah yang membutuhkan guru-guru tenaga ahli tertentu maka bisa saja mereka nanti dimasukkan ke tambahan.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu R Wahyu DP pada kesempatan itu menjelaskan, jika jumlah GTT dan PTT yang bertugas di Kabupaten Rejang Lebong saat ini mencapai 398 orang, tersebar di 14 SMA Negeri dan 4 SMA Swasta, 7 SMK Negeri dan SMK Swasta dan 1 SLB.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020