Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik terhadap induk sapi pada 2020 mencapai target yang telah ditetapkan sebanyak 2.100 ekor.

“Target program IB tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 2.100 ekor. Kami yakin program IB mencapai target tahun ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini mendapat target IB atau kawin suntik terhadap induk sapi produktif melalui program upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) di daerah ini sebanyak 2.100 ekor dari pemerintah pusat.

Ia menyatakan, target program IB atau kawin suntik terhadap induk sapi produktif pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 1.500 ekor.

Sedangkan realisasi program IB atau kawin suntik terhadap induk sapi produktif milik masyarakat petani di daerah ini pada 2019 melebihi dari target yang telah ditetapkan yakni sebanyak 2.400 ekor.

Ia menyatakan, meskipun target program IB tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, namun target program kawin suntik tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan realisasi program IB atau kawin suntik terhadap induk sapi Tahun 2019 sebanyak 2.400 ekor.

“Kami yakin program IB atau kawin suntik terhadap induk sapi produktif di daerah ini mencapai target yang telah ditetapakn sesuai dengan data realisasi program ini yang melebihi dari target yang telah ditetapkan tahun sebelumnya yakni sebanyak 2.400 ekor,” ujarnya pula.

Sedangkan target induk sapi bunting melalui program IB atau kawin suntik pada 2020 sebanyak 1.470 ekor dan target induk sapi melahirkan melalui program ini sebanyak 1.323 ekor.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020