Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menetapkan tiga rumah sakit daerah sebagai rumah sakit rujukan pasien terjangkit virus Corona (Covid-19) yaitu RSUD M Yunus, RSUD Arga Makmur di Bengkulu Utara dan RSUD Manna Bengkulu Selatan.

Baca juga: Di Bengkulu, butuh tiga hari untuk mengetahui tes corona

"Ada tiga rumah sakit rujukan yang siap mendeteksi dengan peralatan yang ada dan ruang perawatan dan isolasi juga tersedia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni di Bengkulu, Senin.

Saat rakor kesiapan rumah sakit menanggulangi penyebaran Corona di Bengkulu, Herwan mengatakan penanggulangan virus ini perlu kerja sama menyeluruh baik dari pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten. 

Baca juga: Cegah penyebaran corona, Pemkot Bengkulu liburkan sekolah dan batalkan rangkaian HUT

Tujuannya kata dia, pihak rumah sakit benar-benar memahami dengan benar bagaimana cara pencegahan dan melakukan Prosedur tetap (protab) yang telah ditentukan oleh kementerian benar-benar dilakukan dengan baik agar penularan tidak terjadi pada tenaga kesehatan. 

Oleh karena itu, pihaknya memberi informasi agar tenaga kesehatan paham terkait penularan dan upaya pencegahan virus corona baik dari penggunaan APH termasuk alat-alat yang digunakan jangan sampai tercemar virus corona.

Baca juga: Cegah Covid-19, Gubernur Bengkulu tutup anjungan di TMII

Herwan menyebutkan bahwa saat ini ketersediaan logistik atau Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 30 buah dan saat ini pihaknya sedang mengajukan 500 buah APD.

Selain mengajukan APD pihaknya juga mengajukan hand sanitizer, termoscanner dan alat-alat deteksi lainnya agar segera dipenuhi oleh pemerintah pusat.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020