Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di Samudra Hindia Barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya mencapai 4,5 meter.

"Gelombang laut setinggi 4,5 meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano, sehingga dapat membahayakan perahu dan kapal nelayan," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Rabu.

Ia mengatakan meskipun dalam prakiraan sementara gelombang laut di Barat Bengkulu 4,5 meter, namun ttetapn berpotensi mencapai tinggi lima meter, terutama di perairan Bengkulu hingga perairan Lampung.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 05-25 knots, sedangkan angin di perairan Bengkulu berhembus dari Barat hingga Utara dengan kecepatan 10-25 knot.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus juga dari barat hingga utara dengan kecepatan 10-26 knot, dan di wilayah itu berpeluang turun hujan sedang.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera bagian Selatan dan Samudera Hindia Barat Sumatera Barat hingga Selatan Nusa Tenggara.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah barat hingga timur laut dengan kecepatan 08-45 kilometer per jam, atau 05-25 knot.

Cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya berpeluang cerah dan berawan, suhu udaranya berkisar 23-31 derjat celcius dan kelembaban antara 62-98 persen.

Ia menambahkan, meskipun kecepatan angin di wilayah Bengkulu rata-rata 25 knot per jam, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kecepatan angin melebihi dua kali lipat seperti terjadi, Senin (23/1) siang mencapai 46 knot, atau rata-rata kecepatannya 83 kilometer per jam, katanya. (T.Z005/M008)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012