Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, senang karena banyak pihak yang membagikan alat perlindungan diri berupa masker gratis kepada masyarakat setempat guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di daerah ini.

“Sangat senang sekali karena kita terbantu. Karena yang namanya garda terdepan adalah mereka yang mau secara mandiri ikhlas membantu membagikan masker dan memakainya dalam kondisi sekarang ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menanggapi aksi sejumlah orang yang tergabung dalam komunitas rakyat pinggiran dan pencinta otomatif khusus mobil off road di daerah ini membagikan seribuan masker gratis kepada masyarakat.

Kemudian aksi serupa juga dilakukan oleh pihak lain seperti Partai Demokrat dan tim penggerak PKK kabupaten yang membagikan masker kain gratis kepada masyarakat setempat.

Menurutnya, kalau dia memakai masker, maka dia membantu menyelamatkan dirinya, keluarga dan orang lain yang ada di sekitarnya. Karena setiap orang tidak tahu apa yang ada dalam dirinya, maka dengan memakai masker mereka sudah membantu mencegah penyebaran virus corona.

Ia menyatakan, tidak mempermasalahkan kualitas masker kain yang digunakan oleh masyarakat tersebut standar atau tidak, yang penting orang pakai masker sesuai dengan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19, dan mereka mengikutinya.

“Kemungkinan saja tidak standar, tetapi kami bersyukur orang memakai masker. Mudah-mudahan yang memakai masker orang yang tidak menularkan karena sebenarnya fungsinya itu bukan orang tertular,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengatakan, akan lebih baik apabila masyarakat menggunakan masker kain yang standar agar masker tersebut bisa mencegah penularan virus.

Selain itu pemakaian masker bertujuan mencegah penularan. WHO menganjurkan penggunaan masker untuk mengurangi percikan (droplet) saat berbicara.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020