Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sekolah Dasar Negeri 73 di Jalan Danau, Kelurahan Padang Nangka, Kota Bengkulu, kekurangan sekitar 2.000 eksemplar buku mata pelajaran, buku cerita, dan buku koleksi lainnya untuk perpustakaan.

"Kami hingga saat ini kekurangan sekitar 2.000 eksemplar berbagai buku mata pelajaran, cerita dan ilmu pengetahun untuk perpustakaan sekolah," kata Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN)73 Kota Bengkulu, Gusminarti kepada reporter antarabengkulu.com, Jumat.

Ia menjelaskan, kebutuhan koleksi buku-buku perpustakaan di SD 73 Kota Bengkulu mencapai 4.000 eksemplar, sedangkan yang tersedia saat ini hanya 2.000 eksemplar atau 50 persen dari kebutuhan para murid.

"Sebagian besar buku yang mengalami kekurangan adalah buku-buku setiap mata pelajaran untuk murid kelas satu sampai kelas enam," katanya.

Akibat kekurangan jumlah koleksi buku perpustakaan untuk mata pelajaran maka para murid hanya bisa menggunakan buku-buku tersebut pada saat jam belajar di sekolah.

"Semua murid hanya bisa menggunakan buku-buku mata pelajaran pada saat belajar di sekolah saja dan tidak boleh membawa pulang buku-buku tersebut karena jumlahnya tidak cukup untuk semua murid," katanya.

Para murid boleh membawa pulang buku perpustakaan sekolah untuk kategori buku cerita dan buku tentang ilmu pengetahuan pada Jumat-Sabtu, selain itu cukup dibaca di perpustakaan saja.

Ia mengatakan, selain kekurangan jumlah koleksi buku, SDN 73 Kota Bengkulu juga belum memiliki tenaga khusus pengelola perpustakaan untuk menjaga ribuan koleksi buku-buku tersebut.

"Selama ini, pengelolaan perpustakan dilakukan semua guru kelas dan guru bidang studi masing-masing sehingga pelayanan belum maksimal," katanya.

Pihak sekolah saat ini sedang mencari seorang tenaga pengelola perpustakaan yang berpendidikan khusus Diploma Tiga Perpustakaan agar pelayanan terhadap murid-murid menjadi lebih maksimal.

"Pada pertengahan Februari 2012 satu gedung perpustakaan ditargetkan selesai dibangun dan siap difungsikan, sehingga membutuhkan tenaga ahli di bidangnya agar perpustakan bisa berfungsi lebih baik," katanya.

Saat ini jumlah murid yang menempuh pendidikan di SDN 73 Kota Bengkulu sebanyak 386 orang.(mhe)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012