Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengajak kalangan masyarakat di daerah itu untuk berkebun dan memanfaatkan tanah pekarangan rumah guna ditanami berbagai jenis sayuran.

Kepala DKP Rejang Lebong, Taman SP di Rejang Lebong, Senin, mengatakan program tersebut dalam rangka membantu warga setempat dalam memenuhi kebutuhan sayuran dalam masa pandemi COVID-19 yang sedang melanda Tanah Air.

"Tanaman sayuran ini sudah bisa dipanen dalam kurun waktu 50 hari, sehingga ibu-ibu rumah tangga bisa memenuhi kebutuhan sayur mayurnya dari tanah pekarangannya masing-masing," ujar dia.

Untuk mendukung program ini dan membantu kalangan warga Rejang Lebong yang tersebar dalam 15 kecamatan, pihaknya telah menyiapkan bantuan yang akan dibagikan kepada 18.000 kepala keluarga (KK).

Bantuan itu berupa benih aneka sayuran seperti tomat, cabai, kangkung, bayam, sawi dan timun, kemudian plastik polybag serta pupuk dan insektisida.

Taman optimistis, jika program ini berjalan dengan baik, maka dalam waktu 50 hari, lahan tersebut sudah bisa menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan dapur masyarakat Rejang Lebong.

Pelaksanaan program berkebun sayuran di pekarangan rumah ini, tambah dia, akan diawasi oleh petugas penyuluh lapangan agar aneka bibit-bibit yang dibagikan benar-benar ditanam dan bisa tumbuh dengan baik sesuai harapan.

"Kita akan awasi, nantinya masing-masing PPL akan mengawasinya sehingga bantuan yang diberikan benar-benar di tanam sehingga nantinya bisa tumbuh dan menghasilkan," ujarnya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020