Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengaku sampai sekarang masih ada beberapa desa di daerah ini yang belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama kepada masyarakatnya.

“Masih ada beberapa desa lagi di daerah ini yang belum mencairkan dana desa sehingga desa ini belum menyalurkan BLT kepada masyarakatnya. kemungkinan desa ini menunggu pencairan dana desa setelah Lebaran tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak 148 desa di daerah ini. Sudah ada desa yang tersebar di sejumlah kecamatan dari 15 kecamatan di daerah ini yang mulai menyalurkan BLT Dana Desa pada Kamis (21/5).

Gianto mengatakan, hari ini masih ada beberapa desa lagi di daerah ini yang masih menyalurkan BLT Dana Desa kepada keluarga masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayahnya.

“Hari ini terakhir desa yang telah mencairkan dana desa menyalurkan BLT dana desa kepada masyarakatnya. Sedangkan beberapa desa yang belum mencairkan dana desa terpaksa menunggu setelah Lebaran untuk mengurus pencairan dana desa,” ujarnya pula.

Ia mengatakan, penyaluran dana desa tahap kedua sebesar 40 persen dari rekening Bank Bengkulu ke rekening desa dibagi menjadi tiga tahap yakni sebesar 15 persen, 15 persen dan 10 persen.

Ia mengatakan, saat ini semua desa tanpa syarat menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen dari 40 persen dana desa tahap kedua untuk BLT dana desa untuk masyarakat.

“Tanpa syarat dari KPPN, penyaluran dana desa tahap kedua untuk semua desa di daerah ini langsung ditransfer dari Bank Bengkulu ke rekening seluruh desa di daerah ini,” ujarnya.

Sedangkan jumlah keluarga masyarakat yang menerima BLT dana desa terdata sebanyak 9.027, tetapi masih ada tambahan karena masih ada sebanyak 19 desa yang datanya belum masuk.***1***

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020