Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 di 148 desa daerah ini selesai dalam bulan Mei 2020.

“Target kami hari ini, dan kalau molor paling lama harus selesai hari Senin (1/6),” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, sampai sekarang masih ada sekitar 20 desa dari sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini yang belum menyalurkan BLT Dana Desa tahap pertama.

Semua desa yang belum menyalurkan BLT Dana Desa sampai sekarang telah menerima penyaluran dana BLT sebesar 15 persen dari rekening KPPN ke rekening setiap desa tersebut.

“Semua desa ini sudah menerima uangnya, tinggal lagi desa membagikan BLT Dana Desa kepada masyarakat tergolong ekonomi miskin dan yang terdamnpak COVID-19 di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Ia mengatakan, sekitar 20 desa di daerah belum menyalurkan BLT Dana Desa kepada masyarakat setempat karena ada beberapa desa di antaranya yang belum membuat peraturan kepala desa sebagai payung hukum penyaluran BLT Dana Desa.

Selain itu, katanya, ada juga beberapa desa yang belum melakukan musyawarah di tingkat desa guna menetapkan masyarakat yang tergolong ekonomi miskin dan terdampak COVID-19 sebagai penerima BLT Dana Desa.

Kemudian, masih ada desa yang belum menetapkan penerima BLT Dana Desa karena desa ingin memastikan jangan sampai data masyarakat penerima BLT Dana Desa tumpang tindih dengan penerima bantuan sosial lainnya seperti Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sedangkan jumlah keluarga masyarakat di daerah ini yang menerima BLT dana desa di 148 desa di daerah ini, ia mengatakan, instansinya sampai sekarang belum mendapatkan data tersebut dari desa, tetapi kemungkinan tidak sampai sebanyak 10.000 keluarga.*


Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020