Mayoritas pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini kembali beroperasi mengolah tandan buah segar kelapa sawit menjadi minyak mentah kelapa sawit setelah tutup selama libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Saat ini mayoritas pabrik sawit kembali beroperasi. Masih ada satu pabrik lagi yakni PT Usaha Sawit Mandiri yang beroperasi tanggal 31 Mei 2020,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini tutup atau tidak membeli TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit milik petani setempat karena libur Idul Fitri 1441 Hijriah mulai hari Rabu (20/5).

Pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini kembali beroperasi mengolah minyak mentah kelapa sawit milik petani di daerah ini mulai hari Selasa (26/5) dan sampai sekarang mayoritas pabrik kembali beroperasi.

Meskipun sebelumnya sudah ada pabrik minyak kelapa sawit di wilayah Kecamatan Penarik yang beroperasi sejak Selasa (26/5), namun kendaraan pengangkut TBS kelapa sawit ke pabrik tersebut masih sepi.

“Sekarang ini sudah banyak kendaraan pengangkut TBS kelapa sawit yang datang ke sejumlah pabrik sawit. Dan pabrik buka mulai dari pagi hingga sore hari untuk menerima TBS kelapa sawit,” ujarnya.

Terkait dengan harga pembelian tandan sawit oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, ia mengatakan, masih berpedoman dengan harga tanggal 18 Mei 2020 yakni harga sawit di PT SSJA Rp980 per kg.

Harga Sawit di PT KSM sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT MMIL sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT SSS sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT SAP Rp990 per kg, harga sawit di PT KAS Rp970 per kg.

Harga sawit di PT DDP sebesar Rp1.000 per kg, harga sawit di PT USM sebesar Rp1.050 per kg, harga sawit di PT BMK Rp1.040 per kg, harga sawit PT GGS Rp1.040 per kg.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020