Seluruh aparatur sipil negara (ASN) tenaga kesehatan yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu memotori Program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) guna menuju normal baru di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan seluruh ASN dan non ASN yang bertugas di dinkes setempat dengan jumlah mencapai 1.051 orang saat ini telah menyiapkan sarana CTPS di rumahnya masing-masing.

"Seluruh ASN dan non ASN yang bertugas di dinas kesehatan maupun UPT tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong saat ini semuanya sudah menyiapkan sarana cuci tangan pakai sabun di depan rumahnya masing-masing dalam kesiapan new normal," kata dia.

Dia menambahkan, program CTPS itu sendiri merupakan penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, sehingga program itu harus ditiru oleh ASN lainnya yang bertugas di masing-masing OPD maupun masyarakat luas.

Sejauh ini penyiapan sarana CPTS secara massal yang mulai ditiru oleh masyarakat daerah itu ialah di desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya, di mana melalui kepala desanya seluruh rumah tangga di desa dilengkapi dengan sarana CPTS yang bersumber dari dana desa setempat.

Untuk menyukseskan program ini kata Syamsir, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi juga sudah mengeluarkan surat himbauan tertanggal 10 Juni 2020, yang ditujukan kepada kepala OPD, kepala badan, kantor dan camat se Rejang Lebong, guna menyukseskan gerakan masyarakat menggunakan masker dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Dalam surat ini menyebutkan agar para pejabat di wilayah itu agar mengkoordinir karyawan dan karyawatinya menyediakan sarana CTPS di pekarangan rumah masing-masing.

Kemudian menyampaikan jumlah karyawan dan karyawati yang telah menyediakan sarana CTPS kepada Dinas Kesehatan Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020