Bengkulu (Antara Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, wilayah Bengkulu berpeluang terjadi cerah berawan, namun ada beberapa daerah masih berpelung hujan ringan.

Daerah akan mengalami cerah berawan itu antara lain di Kota Bengkulu, Seluma dan kabupaten Bengkulu Utara, suhu udara berkisar

23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 55-96 persen, kata analisi BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Perbrisurgiansyah, Kamis.

Ia menjelaskan, daerah yang masih berpelung hujan ringan antara lain Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong, dengan suhu udara berkisar 19-29 derajat celcius dan kelembaban antara 65-98 persen.

Pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh bagian Utara dan Timur, Sumatera Utara bagian Utara, Sumatera Barat bagian Utara dan Kep. Mentawai, Bengkulu, Enggano, Palembang hingga Barat Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 09 - 45 km/ jam atau 05 - 25 knots.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu lima meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai enam meter, angin di wilayah itu bertiup dari Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-25 knots.

Gelombang laut di perairan Enggano juga tinggi lima meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 05-27 knots.

Sedangkan gelombang laut di Barat Bengkulu mencapai enam meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 10-30 knots.

Pada peringatan dini BMKG tetap mengimbau warga Bengkulu untuk selalu waspada akan ancaman hujan disertai angin kencang, selain itu berpotensi terjadi gelombang laut tinggi antara tiga hingga enam meter di Perairan Bengkulu, Perairan Enggano dan Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013