Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengatakan Dana Desa sudah disalurkan ke semua desa di daerah ini untuk dibagikan sebagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19.

“Dana Desa sudah masuk ke rekening semua desa di daerah ini. Sedangkan pembagiannya menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah setempat,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M. Fadli di Mukomuko, Minggu.

Sebanyak 148 desa di daerah ini, sebanyak 142 desa di daerah ini menerima penyaluran Dana Desa sebesar 15 persen kedua tahap kedua dan enam desa menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen kedua tahap pertama.

Sebanyak enam desa di daerah ini menggunakan Dana Desa tahap pertama untuk memberikan BLT kepada masyarakatnya dan sebanyak 142 desa menggunakan Dana Desa tahap kedua.

Pihaknya mencatat sebanyak 9.165 keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa mulai dari tahap pertama hingga tahap kedua dari pemerintah pusat.

Sedangkan nilai penyaluran dana desa khusus BLT  untuk sebanyak 9.165 KPM yang tersebar di 148 desa dalam 15 kecamatan di daerah ini sebesar Rp5,499,000,000.

Ia menyatakan, sampai sekarang belum ada perubahan keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa tahap kedua ini. Penerima BLT dana desa tahap kedua ini adalah orang yang menerima BLT dana desa tahap pertama.

“Orang-orang yang menerima BLT dana desa ini sudah ada, selanjutnya tugas perangkat desa bersama dengan pihak terkait menyalurkan BLT dana desa kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Terkait dengan perubahan PMK Nomor 50 Tahun 2020, BLT Dana Desa ditambah dari tiga bulan menjadi enam bulan, tetapi dana BLT bulan keempat hingga keenam masing-masing sebesar Rp300 ribu per bulan, demikian M Fadli.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020