Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 10.205 kepala keluarga di daerah itu menerima penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa di wilayah itu.

Kepala Dinas PMD Rejang Lebong Suradi Rifai didampingi Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya, Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan dari 122 desa yang ada di Rejang Lebong saat ini yang sudah merealisasikan BLT penyaluran kedua sebesar 15 persen yang diambil pencairan dana desa tahap I sebesar 40 persen dari jumlah anggaran yang diterima per desa.

"Jumlah penerimanya BLT dana desa di Kabupaten Rejang Lebong totalnya mencapai 10.205 KK yang tersebar dalam 122 desa, dengan besaran BLT yang diberikan Rp600.000 per KK," kata dia.

Dia menambahkan, penerima BLT DD akibat penyebaran COVID-19 tersebut terbanyak berada di Desa Kasi Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding yakni sebanyak 251 KK dan penerima paling sedikit sebanyak 10 KK berada di Desa Kota Padang Baru, Kecamatan Kota Padang.

Proses penyaluran BLT DD penyaluran kesatu dan saat ini memasuki penyaluran kedua kata dia, masih lancar dengan pengawalan petugas TNI serta Polri dan sejauh ini pihaknya belum menerima adanya laporan penyimpangan atau warga yang tidak menerimanya, karena proses pendataan dan penyalurannya dilakukan oleh pihak desa bersama dengan relawan.

"Jika nantinya masih ada warga yang dinilai layak menerimanya dan belum termasuk atau adanya penerima yang dianggap tidak layak sebagai penerimanya bisa ditambah atau dikurangi berdasarkan musyawarah desa," urainya.

Sementara itu, untuk penyaluran kedua BLT DD Kabupaten Rejang Lebong dari 122 desa yang sudah melakukan proses pencairan dan dananya sudah ditransfer ke rekening kas desa sebanyak 113 desa dan sembilan desa lainnya baru selesai mengajukan permintaannya hari ini.

"Untuk yang sudah merealisasikan pembayaran BLT untuk penyaluran kedua sebanyak 40 desa, sedangkan yang lainnya baru selesai proses dan akhir bulan ini ditargetkan sudah selesai sehingga bisa dilakukan penyaluran ketiga," tambah dia lagi.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020