Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan menyusun protokol kesehatan yang menjadi panduan acara pesta pernikahan dan pertemuan yang mengundang banyak orang saat masa normal baru.

“Protokol kesehatannya masih disusun oleh gugus tugas. Tetapi sebelum ada protokol kesehatan sebaiknya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan secara umum yakni pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menjawab terkait boleh atau tidaknya masyarakat setempat, pihak swasta maupun instansi pemerintah mengadakan acara pesta pernikahan dan pertemuan yang mengundang banyak orang saat masa normal  baru.

Ia menyatakan, meskipun sampai sekarang belum ada protokol kesehatan khusus mengatur acara pesta pernikahan dan acara pertemuan yang mengundang banyak orang saat masa tatanan kenormalan baru, tetapi semua pihak harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Kami telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat setempat untuk bersama-sama dengan gugus tugas penanganan COVID-19 daerah ini untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah ini dengan mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,” ujarnya pula.

Terkait dengan status daerah ini, ia mengatakan, daerah ini masuk dalam zona hijau di provinsi setempat dan sampai sekarang belum ada warga masyarakat di setempat yang positif terpapar virus corona jenis baru tersebut.

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 pemerintah setempat terus berupa mempertahankan status tersebut dengan cara memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, memaksimalkan peran petugas medis di seluruh puskesmas dan pihak terkait lainnya dalam pencegahan penyebaran virus corona jenis baru dan mensosialisasi normal baru.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020