Sebanyak 95 dari 141 orang atau hampir 70 persen pasien yang positif terinfeksi virus corona jenis baru (COVID-19) di Provinsi Bengkulu telah sembuh setelah menjalani perawatan dan isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan di Bengkulu, Selasa, setiap harinya minimal ada satu orang yang dinyatakan sembuh.

"Kalau sekarang sudah hampir 70 persen yang sembuh, hampir setiap hari ada saja tambahan data orang sembuh yang kita terima," kata Herwan.

Ia menjelaskan, saat ini hanya tinggal enam kasus positif yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi di beberapa rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu. Sedangkan, 27 orang lainnya saat ini masih menjalani isolasi mandiri baik di rumah masing-masing maupun di pusat karantina di gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Bengkulu.

Selain itu, 13 orang dari 141 kasus konfirmasi positif di Provinsi Bengkulu telah meninggal dunia dan dimakamkan dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Sejauh ini kita sudah lakukan pemeriksaan terhadap 2.219 sampel swab dan 141 sampel yang positif sisanya negatif," ucapnya.

Herwan menuturkan, salah satu kunci dari banyaknya mereka yang dinyatakan sembuh tersebut yakni pemberian motivasi yang selalu dilakukan para tenaga medis baik terhadap mereka yang menjalani perawatan di rumah sakit maupun yang melakukan isolasi mandiri.

Di pusat karantina misalnya, kata Herwan, mereka yang menjalani isolasi di sana wajib mengikuti beberapa program penyembuhan seperti olahraga rutin, siraman rohani dan psikologis.

"Kalau obat-obatan tetap kita berikan seperti vitamin, tetapi kuncinya bukan itu melainkan motivasi untuk bangkit dan sembuh yang selalu diberikan para tenaga medis," paparnya.

Seperti diketahui, saat ini tiga dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu sudah ditetapkan menjadi zona hijau dengan nol kasus positif COVID-19. Tiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Lebong. Sedangkan enam kabupaten lainnya masih dengan status zona kuning dan hanya Kota Bengkulu yang berstatus zona oranye.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020