Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyebutkan sebanyak 447 orang petani yang terdaftar dalam Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) mendapatkan pupuk subsidi menerima pembagian kartu tani dari pemerintah pusat.

“Pemerintah setempat mulai membagikan kartu tani dan untuk tahap pertama ini sebanyak 447 petani di Kecamatan XIV Koto menerima kartu tani,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 16.220 orang petani di daerah ini ini yang terdaftar dalam RDKK rencananya mendapatkan bantuan pupuk subsidi yang akan menerima pembagian kartu tani dari pemerintah pusat.

Ia mengatakan, setelah sebanyak 447 petani yang tersebar di Kecamatan XIV Koto menerima pembagian kartu tani, selanjutnya akan disusul petani dari kecamatan lain di daerah ini.

Ia menambahkan, dari sebanyak 16.220 kartu tani, dalam waktu dekat ini sebanyak 11.250 kartu tani yang sudah siap dan telah selesai dicetak untuk selanjutnya akan dibagikan kepada petani di daerah ini.

Sebanyak belasan ribu kartu tani ini untuk petani yang tersebar di Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan XIV Koto, Kecaatan Lubuk Pinang, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto.

Menurutnya, banyak keuntungan yang bisa diperoleh oleh petani yang memiliki kartu tani salah satunya petani membeli pupuk dengan harga lebih murah dan lebih mudah mendapatkan kredit usaha dari bank.

Pemerintah pusat memprogramkan kartu tani bagi petani sebagai bentuk transparansi dalam penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan serta penerapan kartu tani juga bermanfaat agar bantuan tepat sasaran.

“Dengan adanya kartu tani, maka ada kepastian terhadap petani di daerah ini dan terjaminnya kebutuhan pupuk bersubsidi bagi masyarakat petani. Dan kegunaan kartu tani ini juga sama seperti penggunaan kartu ATM (anjungan tunai mandiri),” ujarnya. 



 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020