BENGKULU – Nuansa kemeriahan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-294 Kota Bengkulu tahun ini tampak lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Angin perubahan yang dihembuskan sejak pasangan Wali Kota H. Helmi Hasan, SE dan Wakil Wali Kota Ir. Patriana Sosialinda dilantik pada 21 Januari lalu, benar-benar dirasakan di dalam jalannya roda pemerintahan, salah satunya tampak dari banyak dan meriahnya rangkaian Hari Jadi Kota Bengkulu tahun ini.

“Saya tidak menyangka rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu tahun ini meriah, salah satunya terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti pameran tanaman hias, UKM dan kuliner, bahkan pesertanya ada dari luar Kota Bengkulu,” ujar Wali Kota H. Helmi Hasan saat diwawancarai usai membuka salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bengkulu di halaman Kantor Walikota, Senin (11/3).

Pameran tanaman hias yang dibuka usai apel gabungan  di Kantor Wali Kota itu, merupakan agenda tahunan, dan setiap tahun terus diikuti banyak peserta.

“Melalui pelaksanaan pameran ini diharapkan dapat memajukan dan mengembangkan industri kecil Kota Bengkulu, sehingga pada akhirnya dapat menumbuhkan pendapatan dan perekonomian rakyat, hal ini sesuai misi Pemerintah Kota Bengkulu yang ke empat yaitu membangun ekonomi kreatif dan iklim usaha yang kondusif,” kata Helmi.

Sementara itu, koordinator pameran tanaman hias, industri kecil dan kuliner Dr. Fitriani, AP, M.Si mengatakan pameran tersebut diikuti oleh 44 pengrajin.

“Acara ini diikuti 44 pengrajin, termasuk dari kabupaten tetangga yakni Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Utara, serta TP.PKK se-Kota dan Kabupaten,” ujar Dr. Fitriani, AP, M.Si.
 
Salah seorang peserta pameran tanaman hias, Iswidia Astuti mengungkapkan bahwa tahun ini peserta tanaman hias lebih banyak dari tahun lalu.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pameran tanaman hias dalam rangka HUT Kota ke 294, tahun ini ternyata lebih banyak peminatnya,” ujar Astuti.

Hal senada juga dikatakan oleh Sakirin, menurutnya apa yang digelar oleh Pemerintah Kota Bengkulu sangat bagus.

“Melalui pameran ini kami bisa mengenalkan kepada masyarakat bibit-bibit unggul dari berbagai jenis tanaman,” ujarnya.

Sementara itu, rangkaian demi rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-294 Kota Bengkulu yang dimulai sejak 26 Februari 2013 dengan acara launching Gotong Royong,  Bhakti Sosial Dan Donor Darah pada 7 Maret di Kantor Walikota Bengkulu, Pembukaan Bola Voli antar-kecamatan, dan Futsal antar-SKPD dan antar-kelurahan pada 6 Maret, pertandingan sepak bola eksekutif dan legislatif 10 Maret di Stadion Semarak Bengkulu, Pemkot juga tidak lupa menggelar Panggung Hiburan Rakyat Terbuka, Pameran tanaman hias, kuliner dan UMKM yang dimulai tanggal 11 hingga 21 maret di jl. S. Parman Simpang Lima.

Pada Tanggal 14 Maret digelar Tabur Bunga Ke Makam Mantan – Mantan Wali Kota Bengkulu, yang kemudian  dilanjutkan doa bersama pada malam harinya di Balai Kota, serta Sarasehan dan Dialog pada 15 maret.

Gladi Upacara HUT Kota dilaksanakan sehari sebelum Hari Jadi Kota yaitu pada tanggal 16 maret.

Upacara HUT Kota Bengkulu dan Rapat Paripurna digelar pada hari minggu 17 maret, sekaligus jambar nasi kunyit dan dilanjutkan dengan Malam Syukuran Hari Jadi HUT Kota Bengkulu di Balai Kota.

Pada upacara Peringatan Hari Jadi Kota Bengkulu, Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan mengajak seluruh elemen masyarakat kota bengkulu bersama-sama membangun kota menuju perubahan yang lebih baik.

"Karena perubahan Kota Bengkulu dan pembangunan Kota Bengkulu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan harus didukung semua pihak dan masyarakat. Semua harus berperan dan berpartisipsi dalam mendukung program-program pemerintah,” kata Helmi Hasan saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Jadi Kota Bengkulu.

Dia juga memaparkan berbagai program 100 hari kerja yang telah dilakukan diantaranya adalah menghidupkan 500 titik lampu jalan, perbaikan infrastruktur jalan, drainase, air bersih, launching program “Jemput Sakit Pulang Sehat, Insya Allah,”, SMS Centre Pemda Kota, dan berbagai progress pembangunan lainnya.

“Perubahan akan kita lakukan terus hingga lima tahun ke depan, untuk mencapai masyarakat yang sejahtera dan bermartabat,” ujar wali Kota.

Untuk mengakhiri rangkaian Hari Jadi Kota Bengkulu, Pemerintah Kota menutup rangkaian acara dengan pembukaan dan pelepasan Cross Country dan Fun Bike pada tanggal 24 Maret. (hms/adv)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013