Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak Rabu (29/7) sampai sekarang melakukan pemantauan untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong saat Idul Adha 1441 H.

“Kami keliling ke masjid yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini untuk memantau hewan kurban dan memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong saat Idul Adha,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Kamis.

Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat melakukan pemantauan untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang dipotong saat Idul Adha tahun ini selama empat hari mulai hari Rabu (29/7) hingga Sabtu (1/8).

Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian di kabupaten ini akan melakukan dua kali kegiatan pemantauan yakni sebelum dan setelah pemotongan hewan kurban.

Petugas peternakan dan kesehatan sehari sebelumnya telah mendatangi sebanyak 12 titik lokasi pemotongan hewan kurban dan mematau sebanyak 212 ekor hewan kurban kerbau, sapi dan kambing.

Ia memastikan sebanyak 212 ekor sapi, kerbau dan kambing yang tersebar di 12 titik lokasi pemotongan di daerah ini dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat umur menjadi hewan kurban.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga menyarankan kepada seluruh pedagang hewan kurban di daerah ini untuk tidak menjual hewan kurban yang sakit kepada masyarakat di daerah ini.

Kalaupun ada hewan kurban yang sakit, ia yakin panitia kurban di daerah ini bisa membedakan hewan kurban yang sakit dan sehat dilihat dari ciri-ciri fisik hewan kurban tersebut.

Terkait dengan antisipasi penyakit berbahaya pada hewan yang menular kepada manusia, Ia mengatakan, untuk daerah ini belum ditemukan hewan kurban yang penyakit berbahaya seperti zoonosis yang ditularkan dari ternak ini.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020