Sebanyak 600 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu akan menerima daging kurban dari Presiden Joko Widodo yang akan disembelih di Masjid Al Jihad Muhammadiyah.

"Panitia sudah menyusun daftar penerima daging kurban dari Pak Jokowi, datanya sekitar 600 KK tapi kemungkinan masih terus bertambah," kata Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lebong Deltano melalui sambungan telepon, Jumat.

Ia menjelaskan, penerima daging kurban dari orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut akan dikonsentrasikan di Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

"Tapi tentu kita mendahulukan warga yang tinggal di sekitar masjid, kaum dhuafa dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan," ucapnya.

Pemotongan sapi jenis simental dengan bobot sekitar 847 kilogram tersebut akan dilakukan besok pagi, Sabtu (1/08) di halaman Masjid Al Jihad Muhammadiyah Kabupaten Lebong.

Panitia penyembelihan, kata Deltano, memutuskan untuk tidak melakukan penyembelihan hari ini karena pertimbangan waktu yang terlalu terbatas mengingat ibadah Shalat Jumat.

"Panitia mau Jumatan dan segala macam jadi agak repot kalau disembelih hari ini, makanya kita putuskan besok pagi saja," paparnya.

Deltano menambahkan, nantinya pembagian daging kurban dari sapi Presiden Jokowi itu akan dibagikan langsung ke rumah-rumah warga yang telah ditetapkan sebagai penerima.

Hal tersebut untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah kerumunan massa yang berpotensi menularkan virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Sapi itu sekarang dalam keadaan sehat karena juga ada dokter hewan yang ditunjuk untuk selalu memantau perkembangan kesehatan sapi itu," demikian Deltano.

 

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020