Pengurus Masjid Darussalam Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, membagikan daging kurban langsung ke rumah warga saat Idul Adha 1441 Hijriah agar tidak terjadi kerumunan massa yang rawan menjadi penyebaran COVID-19.

“Pembagian daging hewan kurban tahun ini tidak lagi menggunakan kupon, tetapi daging hewan kurban dibagikan langsung ke rumah warga di wilayah ini agar tidak ada keramaian,” kata Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Darussalam Desa Medan Jaya Alamsyah di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan panitia pemotongan hewan kurban Masjid Darussalam Desa Medan Jaya menyerahkan urusan pembagian daging hewan kurban kepada setiap kepala dusun di wilayah itu, sedangkan kepala dusun yang akan membagikan daging kurban kepada warga dari rumah ke rumah.

Ia menyebutkan sekitar 528 kepala keluarga yang tersebar di empat dusun di wilayah itu akan mendapatkan pembagian daging kurban dari Masjid Darussalam

Ia mengatakan rencananya setiap kepala keluarga akan mendapatkan sekitar dua kilogram daging kurban yang terdiri atas satu kilogram daging ditambah kulit dan tulang.

“Kalau dagingnya saja seberat satu kilogram, tetapi ditambah dengan kulit dan tulangnya sehingga setiap orang akan mendapatkan pembagian sekitar dua kilogram,” ujarnya.

Ia menyebutkan 10 ekor hewan kurban di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya yang terdiri atas lima ekor kerbau, tiga ekor sapi, dan dua ekor kambing disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriah. Jumlah itu, berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang 13 ekor.

Sebanyak 10 ekor hewan kurban itu merupakan dari warga setempat yang berkurban secara berkelompok mandiri.

Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban Masjid Darussalam Desa Medan Jaya Jhon mengatakan bahwa kegiatan kurban tahun ini lebih tertib dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kalau dulu banyak yang datang dan mengambil hewan kurban lebih banyak dari pembagian, kalau sekarang ini pembagian daging kurban ini merata untuk setiap warga setempat,” ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020