Kelompok Tani Berkah Tani Desa Pelokan, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menerima bantuan berbagai peralatan pascapanen tanaman hortikultura dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bengkulu.

“Kelompok tani di Desa Pelokan ini menerima sebanyak empat peralatan pascapanen hortikultura secara bertahap, tetapi sekarang ini petani telah menerima semua peralatan pascapanen tersebut,” kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sugiyanto di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, kelompok tani ini menerima sebanyak empat peralatan pascapanen hortikultura berupa motor roda tiga sebanyak satu unit, bantuan keranjang panen sebanyak 98 buah, terpal sebanyak 18 lembar dan 15 unit gerobak dorong.

Menurutnya, meskipun harga berbagai peralatan pascapanen hortikultura ini tidak terlalu mahal dan petani setempat mampu membelinya, tetapi bantuan ini sebagai bentuk dukungan dari pemerintah terhadap petani setempat.

Pemerintah provinsi setempat memberikan bantuan peralatan pascapanen hortikultura ini untuk mendukung kelompok tani untuk terus melakukan aktivitas pertanian tanaman hortikultura di lahan pertanian miliknya.

Selain itu, katanya, bantuan ini juga diharapkan dapat mempermudah petani setempat dalam melakukan kegiatan pascapanen hasil pertanian tanaman hortikultura khususnya tanaman cabai merah karena mayoritas anggota kelompok tani menanam tanaman cabai merah di lahan pertaniannya.

Ia mengatakan, meskipun bantuan peralatan pascapanen ini untuk kelompok tani, tetapi setiap anggota kelompok tani yang membutuhkan sarana ini bisa menggunakan sesuai dengan kesepakatan kelompok tani.

“Pemerintah menyerahkan kepada kelompok tani, selanjutnya mereka yang mengatur penggunaan peralatan pascapanen untuk kepentingan semua anggota kelompok tani ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa kelompok tani ini memiliki berbagai jenis tanaman hortikultura seperti cabai merah di lahan seluas 10 hektare, seluas dua hektare lahan tanaman pisang, tanaman gambas dan mentimun.***1***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020